Senin, 14 November 2011

Manfaat Komersil Blog


Kalau bicara mengenai 'keuntungan' membuat blog adalah. Blog bisa dijadikan tempat untuk mempromosikan produk atau jasa yang menghasilkan 'uang.' Sedangkan kalau bicara soal 'fungsi, kegunaan dan manfaat' membuat blog itu antara lain:
1)      Blog bisa dijadikan obat stres dan mengisi waktu luang.
2)      Blog bisa untuk tempat belajar, juga menambah banyak teman yang sehobby dan saling tukar pengalaman dengan para pengunjung,
3)      Bisa dijadikan untuk tempat mengekspresikan diri dengan menuangkan ide-ide yang berjubel di pikiran,
4)      Bisa untuk senam jari waktu ngetik, -Bisa untuk menguji ketahanan mata, juga menempa pikiran ketika sedang serius membuat artikel baru yang unik, bermanfaat dan  kreatif. dll. Blog sebagai media informasi dan promosi sebuah institusi
Dengan semakin berkembangnya zaman maka media komunikasi juga semakin berkembang salah satunya yaitu blog. Jika dahulu mengiklankan sebuah produk perusahaan dengan mengguakan media cetak atau pamflet dan poster yang mengelurkan biaya banyak, maka sekarang promosi sebuah produk
Adapun 'fungsi, kegunaan dan manfaat' membuat blog itu antara lain:
1)      Blog bisa dijadikan obat stres dan mengisi waktu luang.
2)      Blog bisa untuk tempat belajar, juga menambah banyak teman yang sehobby dan saling tukar pengalaman dengan para pengunjung,
3)      Bisa dijadikan untuk tempat mengekspresikan diri dengan menuangkan ide-ide yang berjubel di pikiran,
4)      Bisa untuk senam jari waktu ngetik,
5)      Bisa untuk menguji ketahanan mata, juga menempa pikiran ketika sedang serius membuat artikel baru yang unik, bermanfaat dan  kreatif.
blog komersial mulai tumbuh, praktisi pemasaran menghadapi dilema yang sama. Sebagian dari mereka menulis dalam berbagai jurnal untuk menentang gagasan menggunakan website sebagai salah satu media pemasaran. Sebagian lain bahu membahu memproklamasikan kebangkitan web dan meyakini kematian jalur-jalur pemasaran lainnya.
Blog juga dapat memainkan peran penting dalam pemasaran B-to-B. Mereka yang tertarik dengan apa yang anda tawarkan bisa berlangganan RSS untuk selalu mendapatkan update terakhir mengenai produk dan merk kita. Banyak perusahaan yang sukses menjual produk jauh sebelum launching dengan menggunakan pendekatan seperti ini.
blogger, umunya orang yang menyukai teknologi, terkesan dengan kemampuan teknologi, dan termotivasi untuk memanfaatkan sebaik-baiknya dalam semua aspek kehidupan. Kelompok kedua, konsultan blog, cenderung mengambil manfaat sehingga para pengusaha menutup mata dan membuka dompet dengan sukarela. Korbanya mungkin akan bergabung dengan mereka yang menghritik blog, yang umumnya justru tidak menggunakan blog dengan efektif atau bahkan belum pernah menggunakannya.
Peran penting blog tidak perlu dibesar-besarkan tapi juga tidak boleh diabaikan. Memang kenyataanya blog itu sangat unik karena aspek utamanya lebih cenderung sosial daripada komersial. Jadi mereka yang sukses mengambil manfaat komersial dari blog adalah mereka yang mampu meyentuh sisi sosial dari pemasaran itu sendiri. Blog bukan direct mail, bukan telemarketing, bukan iklan TV, bukan e-commerce, tapi ditangan pemasar yang cerdas bisa menjadi potensi yang luar biasa.
Ada dua cara mendapatkan penghasilan dari internet:
Direct Income – Blog anda memang menjadi ‘sumber uang’ anda. Anda update konten dengan entri berkualitas, perbesar tingkat kunjungan visitor ke blog anda, lakukan monetisasi. Bisa dengan menjual spot banner (tapi sudah tidak terlalu efektif lagi rasanya), Service Pay-Per-Click, Pay-Per-Post, Paid-To-Review, buat review tentang produk yang diafiliasikan, atau mungkin langsung menjual produk di blog anda. dll.
Indirect Income – Blog anda gunakan sebagai media promosi bisnis anda dan diri anda. Visitor datang ke blog, terkesima dengan diri anda dan portofolio anda, dan mereka mengontak anda untuk deal bisnis selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar